Saya yakin kamu tahu Datatable, atau belum?

Pustaka yang merupakan plugin jQuery ini banyak digunakan oleh web developer.

Terutama jika kamu backend developer atau fullstack developer yang membutuhkan solusi untuk menampilkan data dalam bentuk tabel secara cepat dengan fitur-fitur bawaan yang interaktif dan pastinya bermanfaat.

Bahkan jika kamu terbiasa dengan framework frontend semisal React atau Vue pun, Datatable tetap sangat bisa membantumu.

Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa Datatable menjadi pilihan:

  1. Membuat table interaktif dengan cepat

Yup, menggunakan Datatable akan membantu kita menampilkan data dalam bentuk tabel yang interaktif dengan lebih cepat daripada kita membuatnya secara manual.

  1. Kita bisa fokus pada fitur utama aplikasi

Data yang ditampilkan dalam bentuk tabel umumnya adalah untuk fitur administrasi, misalnya pengelolaan users, pengelolaan data pemesanan, dan penggunaan semacamnya.

Fitur semacam itu merupakan fitur administratif, sedangkan setiap aplikasi tentu memiliki fitur utama yang diakses oleh customer / users bukan administrator / manajemen.

Dengan menggunakan Datatable kita bisa dengan cepat menyiapkan fitur administratif dan memfokuskan usaha dan tenaga kita sebagai developer untuk mengembangkan fitur utama aplikasi.

  1. Menjadi lebih produktif

Dengan adanya kombinasi manfaat dari poin 1 dan 2, otomatis kita bisa menjadi developer yang lebih produktif daripada sibuk mengurusi fitur administratif yang itu-itu saja.

  1. Komunitas besar

Datatable cukup populer sebagai pustaka untuk membuat tabel yang interaktif. Banyak pengguna sebagai sebuah komunitas yang besar artinya kita tidak sendirian jika menggunakan Datatable dan tentunya dukungan komunitas adalah hal yang memudahkan bagi developer ketika menjumpai kesulitan.

Namun demikian, bagi kamu yang tidak terbiasa dengan javascript dan jQuery, mengimplentasikan Datatable ke projekmu bisa menyita waktu terutama untuk kegunaan intermediate hingga advanced.

Di cerita selanjutnya, saya akan bahas apa saja cara implementasi Datatable dan cara mudahnya jika kamu menggunakan Laravel.

Sekarang cukup sampai di sini dulu, sampai jumpa.

Klik di sini untuk membeli ebook Laravel Datatable

Layanan

Hai, ada 2 cara untuk mendapatkan ilmu terkait Remote Work dari Saya, yaitu:

Privat

Konsultasi 1 on 1

  • Kira-kira 1 jam kamu boleh tanya seputar cara dapat kerja remote work.
  • Kamu boleh kulik apa yang saya praktikan selama ini sehingga bisa dapat klien di Singapura, Amerika, dan bisa masuk Toptal dengan gaji 3 digit.
  • Biaya: 400rb / jam
  • Mekanismenya adalah nanti saya ajukan dulu beberapa pertanyaan yang bisa kamu jawab secara tertulis (sebelum sesi dimulai).

    Dan juga kamu nulis daftar pertanyaan-pertanyaan yang ingin kamu ketahui. Tujuannya supaya lebih paham kondisimu saat ini dan bisa saya berikan saran yang lebih personalized.

    Baru setelah itu masuk sesi Gmeet call.
  • Kalau mau lanjut silahkan booking, kalau tidak lanjut pun gak masalah
Lanjut konsultasi? Silahkan...
atau
Online Course

Menjadi Pekerja Remote Internasional

  • Kumpulan hasil pemikiran saya terkait hal-hal utama sebagai perantara saya bisa menembus kerja remote, dalam bentuk tulisan (dan video)
  • Insight jitu meningkatkan chance job offer
  • Materi terkait apa yang saya praktikan selama ini sehingga bisa dapat klien di Singapura, Amerika, dan bisa masuk Toptal dengan gaji 3 digit.
  • Kumpulan insight dari sesi konsultasi yang saya lakukan selama ini.
  • Investasi: Hanya 447rb*
    *Harga promo
© 2024 Literasikode.
Supported by
Asset 1