Data Structure

Apa Itu Data Structure?

Data Structure atau Struktur Data adalah cara kita mengatur dan menyimpan data dalam komputer sehingga dapat diakses dan digunakan dengan efisien.

Ini mirip dengan konsep penyimpanan dan pengorganisiran informasi dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, dalam kehidupan nyata, kita menggunakan kotak untuk menyimpan barang-barang tertentu sehingga mudah ditemukan nanti.

Dalam pemrograman, data structure adalah "kotak" virtual yang digunakan untuk menyimpan dan mengelola data.

Bayangkan bahwa "kotak virtual" ini adalah wadah di mana kamu dapat menyimpan berbagai jenis barang. Kotak ini bisa berukuran dan dirancang sesuai kebutuhan kamu.

Kamu dapat menaruh barang-barang ke dalamnya dan mengambilnya kapan saja sesuai kebutuhan. Analogi ini membantu kita memahami bagaimana struktur data digunakan dalam pemrograman.

Mari kita lihat beberapa contoh penggunaan analogi ini:

Contoh 1: Array

Contoh pertama adalah "Array," yang bisa dianggap sebagai sebuah kotak virtual dengan laci-laci. Setiap laci memiliki nomor atau indeks, dan kita dapat menyimpan item di setiap laci sesuai indeksnya. Misalnya, dalam bahasa pemrograman JavaScript:

💡

Dalam Javascript index di mulai dari angka 0 bukan 1

let kotakVirtual = [10, 20, 30, 40, 50];

Di sini, kotakVirtual adalah array yang berfungsi sebagai kotak virtual. Kita dapat mengambil nilai di dalamnya dengan menggunakan indeks, seperti kotakVirtual[0] untuk mendapatkan nilai 10.

Laci kotakVirtual di atas memiliki laci 0,1,2,3,4 yang bernilai 10,20,30,40,50. Sehingga untuk mendapatkan laci ke 2 kita menggunakan index 1 (Lihat urutan lacinya, ingat index dimulai dari 0), jika kita akses kotakVirtual[1] maka nilainya adalah 20.

Contoh 2: Objek (Object)

Contoh kedua adalah "Objek," yang bisa dianggap sebagai kotak virtual dengan laci-laci yang berlabel. Setiap laci memiliki label, dan kita dapat menyimpan informasi atau properti di setiap laci dengan label tersebut. Misalnya, dalam bahasa pemrograman JavaScript:

let kotakVirtual = {
  nama: "John",
  umur: 30,
  pekerjaan: "Programmer"
};

Di sini, kotakVirtual adalah objek yang berfungsi sebagai kotak virtual dengan laci-laci berlabel seperti "nama," "umur," dan "pekerjaan." Kita dapat mengakses informasi di dalamnya dengan menggunakan label, seperti kotakVirtual.nama untuk mendapatkan nilai "John."

Kenapa Data Structure Penting?

Data Structure sangat penting dalam pemrograman karena mereka memengaruhi kinerja program dan kemudahan pemeliharaannya. Dengan memilih dan merancang struktur data yang tepat, kita dapat:

  • Meningkatkan efisiensi program.
  • Memudahkan pencarian, penambahan, dan penghapusan data.
  • Mengurangi kompleksitas kode.
  • Membuat program lebih mudah dimengerti dan dipelihara.

Apakah Boleh Skip Belajar Data Structure?

Pertanyaan yang sering diajukan adalah apakah boleh melewatkan pembelajaran data structure dan segera memulai belajar framework atau bahasa pemrograman tertentu. Jawabannya tergantung pada tujuan kamu:

  • Total Pemula: Jika kamu benar-benar pemula dalam pemrograman, lebih baik memahami dasar-dasar pemrograman dan algoritma terlebih dahulu sebelum memasuki data structure yang lebih kompleks.

  • Tujuan Proyek: Jika kamu memiliki proyek spesifik yang membutuhkan penggunaan framework atau bahasa pemrograman tertentu, kamu mungkin bisa memulai dengan belajar itu terlebih dahulu. Namun, kamu akan menemukan pemahaman data structure sangat membantu dalam mengoptimalkan proyek kamu.

  • Pemahaman Jangka Panjang: Jika kamu ingin menjadi seorang programmer yang kuat dan memahami dasar-dasar yang mendalam, belajar data structure adalah langkah yang baik. Ini akan memberi kamu landasan yang kuat untuk memahami konsep-konsep yang lebih kompleks di masa depan.

Contoh-contoh Data Structure

Terdapat beberapa struktur data penting yang sebaiknya diketahui oleh programmer karena sering digunakan dalam pemrograman. Berikut adalah beberapa contoh struktur data yang penting:

  1. Array: Array adalah kumpulan elemen dengan jenis data yang sama yang diindeks secara teratur. Mereka digunakan untuk menyimpan dan mengakses koleksi data. Contoh:
angka = [1, 2, 3, 4, 5]
  1. String: String adalah struktur data yang digunakan untuk menyimpan dan memanipulasi teks. Mereka digunakan secara luas dalam pengolahan data berbasis teks.

  2. List: List adalah struktur data serupa dengan array, tetapi biasanya lebih dinamis dan fleksibel. Mereka umumnya tersedia dalam bahasa pemrograman yang mendukung List seperti Python (List mirip dengan Array di Javascript)

daftar = [1, 'dua', 3.0, True]
  1. Hashtable (Dictionary): Hashtable adalah struktur data yang menggunakan fungsi hash untuk mengaitkan nilai-nilai dengan kunci-kunci unik. Mereka digunakan untuk pencarian cepat dan pengindeksan. (Hash mirip dengan Object jika di Javascript)
💡

Sebagai total pemula programmer, 4 contoh di atas adalah struktur data yang paling penting untuk dikuasai terlebih dahulu. Adapun contoh di bawah, tidak wajib kamu pelajari di awal. Bisa kamu pelajari setelah kamu lancar melakukan pemrograman dan menemukan masalah yang memerlukan solusi data struktur lebih kompleks.

  1. Set: Set adalah struktur data yang mengumpulkan nilai-nilai unik tanpa urutan tertentu. Mereka digunakan untuk mengelola kumpulan elemen unik.

  2. Stack: Stack adalah struktur data yang mengikuti prinsip "Last In, First Out" (LIFO). Elemen yang dimasukkan terakhir akan dikeluarkan pertama kali. Digunakan dalam pengelolaan tumpukan data.

  3. Queue: Queue adalah struktur data yang mengikuti prinsip "First In, First Out" (FIFO). Elemen yang dimasukkan pertama akan dikeluarkan pertama kali. Digunakan dalam antrian tugas atau permintaan.

  4. Linked List: Linked list adalah struktur data yang terdiri dari simpul-simpul yang saling terhubung. Mereka digunakan untuk membangun struktur data seperti daftar tautan dan tumpukan.

  5. Tree: Tree adalah struktur data yang menggambarkan hubungan hierarkis antara elemen-elemen. Mereka digunakan dalam struktur data seperti pohon biner dan pohon pencarian biner.

  6. Graph: Graf adalah struktur data yang terdiri dari simpul-simpul yang terhubung oleh edge atau sisi. Mereka digunakan untuk memodelkan hubungan yang kompleks antara elemen-elemen.

  7. Heap: Heap adalah struktur data yang digunakan untuk mengatur data sehingga elemen terkecil atau terbesar selalu dapat diakses dengan cepat. Mereka digunakan dalam algoritma pengurutan dan pencarian.

  8. Grafik (Chart): Grafik adalah struktur data yang digunakan untuk merepresentasikan data dalam bentuk visual seperti diagram batang, diagram lingkaran, dan sebagainya.

Pemahaman tentang berbagai jenis struktur data ini sangat penting bagi seorang programmer karena mereka memungkinkan pemrosesan dan pengelolaan data dengan efisien dalam aplikasi yang berbeda-beda. Pemilihan struktur data yang sesuai dapat berdampak besar pada kinerja dan efisiensi program.

Perbedaan Tipe Data dan Data Structure

Struktur data dan tipe data adalah dua konsep yang berbeda dalam pemrograman, meskipun keduanya berhubungan dengan cara data disimpan dan dikelola dalam program. Mari kita jelaskan perbedaan antara keduanya:

Tipe Data:

Tipe data merujuk pada jenis nilai atau informasi yang dapat disimpan dalam variabel atau digunakan dalam program. Ini adalah cara untuk mengklasifikasikan data berdasarkan jenisnya, seperti angka bulat, pecahan, teks (string), atau logika (boolean). Tipe data menentukan apa yang dapat kamu lakukan dengan data tersebut dan bagaimana data tersebut akan diproses dalam program.

Contoh tipe data dalam beberapa bahasa pemrograman umum:

  • Integer (int): Menyimpan bilangan bulat, seperti 5 atau -10.
  • Float (float/double): Menyimpan bilangan desimal, seperti 3.14.
  • String (str): Menyimpan teks, seperti "Hello, World!".
  • Boolean (bool): Menyimpan nilai logika, seperti True atau False.

Struktur Data:

Struktur data adalah cara untuk mengorganisasi, mengelompokkan, atau menghubungkan beberapa nilai atau tipe data menjadi satu kesatuan yang lebih besar dan kompleks. Ini adalah konsep yang membantu dalam pengorganisasian dan pengaksesan data dengan cara yang lebih terstruktur dan efisien.

Contoh struktur data umum termasuk Array, List, Stack, Queue, Linked list, Tree, Graph, dan sebagainya. Struktur data ini digunakan untuk mengatur dan mengelola koleksi data yang lebih besar, serta memungkinkan operasi khusus seperti pencarian, penyisipan, atau penghapusan data dengan efisien.

Jadi, intinya adalah bahwa tipe data berkaitan dengan jenis nilai atau informasi yang dapat kamu simpan, sementara struktur data berkaitan dengan cara kamu mengorganisasi dan mengelola data tersebut dalam program.

Kamu bisa menggunakan tipe data dalam struktur data untuk membentuk struktur data yang lebih kompleks.

Keduanya adalah konsep penting dalam pemrograman, dan pemahaman yang baik tentang keduanya sangat penting untuk mengembangkan program yang efisien dan efektif.

Kesimpulan

Data Structure adalah komponen penting dalam pemrograman. Meskipun penting, tidak semua data structure harus dipelajari dari awal oleh programmer, bisa disesuaikan dengan tujuan masing-masing programmer.

Data Structure memengaruhi performa dan kemudahan pemeliharaan programmu. Meskipun mungkin ada situasi di mana kamu memutuskan untuk mempelajari framework atau bahasa pemrograman terlebih dahulu, pemahaman dasar tentang data structure akan menjadi aset berharga dalam perjalanan kamu menjadi seorang programmer yang lebih terampil.


Layanan

Hai, ada 2 cara untuk mendapatkan ilmu terkait Remote Work dari Saya, yaitu:

Privat

Konsultasi 1 on 1

  • Kira-kira 1 jam kamu boleh tanya seputar cara dapat kerja remote work.
  • Kamu boleh kulik apa yang saya praktikan selama ini sehingga bisa dapat klien di Singapura, Amerika, dan bisa masuk Toptal dengan gaji 3 digit.
  • Biaya: 400rb / jam
  • Mekanismenya adalah nanti saya ajukan dulu beberapa pertanyaan yang bisa kamu jawab secara tertulis (sebelum sesi dimulai).

    Dan juga kamu nulis daftar pertanyaan-pertanyaan yang ingin kamu ketahui. Tujuannya supaya lebih paham kondisimu saat ini dan bisa saya berikan saran yang lebih personalized.

    Baru setelah itu masuk sesi Gmeet call.
  • Kalau mau lanjut silahkan booking, kalau tidak lanjut pun gak masalah
Lanjut konsultasi? Silahkan...
atau
Online Course

Menjadi Pekerja Remote Internasional

  • Kumpulan hasil pemikiran saya terkait hal-hal utama sebagai perantara saya bisa menembus kerja remote, dalam bentuk tulisan (dan video)
  • Insight jitu meningkatkan chance job offer
  • Materi terkait apa yang saya praktikan selama ini sehingga bisa dapat klien di Singapura, Amerika, dan bisa masuk Toptal dengan gaji 3 digit.
  • Kumpulan insight dari sesi konsultasi yang saya lakukan selama ini.
  • Investasi: Hanya 447rb*
    *Harga promo
© 2023 Literasikode.
Supported by
Asset 1